SMAK PENABUR Gading Serpong Berkunjung ke Bhakti Luhur

Ditulis oleh Eriska (XI MIA3)

Kamis, 30 April 2015, sebanyak 18 siswa-siswi dan beberapa guru SMAK PENABUR Gading Serpong (SMAK GS) berkunjung ke Yayasan Bhakti Luhur di daerah Ciputat, Pamulang. Yayasan Bhakti Luhur merupakan sekolah bagi para anak–anak berkebutuhan khusus. Dalam kegiatan bakti sosial ini, semua siswa dan guru berinteraksi dengan anak–anak serta pengasuh-pengasuh di sana dengan sangat antusias. Sesampainya di sana, kami langsung diajak untuk bermain dan bernyanyi bersama, bertukar cerita, dan juga berbagi kasih bersama mereka. Sebagian dari kami tidak menyangka bahwa kedatangan kami akan diterima dengan sangat antusias oleh teman-teman dari Bhakti Luhur.

BL_1Siswa dan guru SMAK GS saat tiba di Bhakti Luhur

BL_2

BL_3

Berbagi keceriaan

Anak–anak di sana kurang lebih berjumlah 400 anak, berkisar 2 tahun sampai 25 tahun. Sebagian besar dari mereka merupakan anak–anak yang memang tinggal di wisma Bhakti Luhur, sebagian lagijuga datang hanya untuk bersekolah di Bhakti Luhur. Pelajaran sekolah mereka berbeda dari sekolah pada umumnya, tetapi materi yang diajarkan tidak hanya tentang pelajaran, tetapi juga tentang materi-materi keterampilan kehidupan sehari-hari seperti memasak, menanam, pelajaran tentang mengantri. Mereka juga diajarkan untuk membuat kerajinan tangan yang bisa mereka jual. Pengasuh-pengasuh di sana berperan bukan hanya sebagai pengasuh, tetapi juga sebagai guru.

BL_5

BL_4Siswa dan guru SMAK GS menari, bernyanyi, dan tertawa bersama siswa/i Bhakti Luhur

BL_6

Gaby, siswi SMAK GS, membagikan bingkisan untuk para siswa

Banyak sekali pelajaran-pelajaran yang dapat kami ambil dari kunjungan kami ke Bhakti Luhur. Di sana kami belajar bahwa walaupun memiliki kekurangan, hal tersebut tidak menjadikan mereka menjadi orang-orang yang rendah diri dan malu-malu dengan kekurangan yang mereka miliki, tetapi mereka menganggap bahwa kekurangan mereka adalah sebuah keistimewaan yang Tuhan telah berikan. Mereka tidak mengeluh dan merasa sedih, tetapi mereka masih bisa tertawa bahagia dan menceritakan kisah hidup mereka yang menurut kami itu merupakan sebuah kisah inspirasi dan sangat memotivasi kami untuk menjalankan hidup lebih baik lagi dan lebih bersyukur dengan segala sesuatu yang kita miliki sekarang. Sayang sekali kami tidak dapat menghabiskan waktu terlalu lama di sana karena mereka sedang bersekolah. Pada pukul 11.00 siang, kami berpamitan dengan pihak Bhakti Luhur. Kunjungan bakti sosial ini sungguh merupakan kunjungan yang sangat mengesankan bagi kami, para siswa dan guru SMAK GS untuk dapat berbagi kasih dengan teman–teman dari Bhakti Luhur. “Sampai kita berjumpa lagi ya kakak-kakak!” kata Tania, murid yayasan Bhakti Luhur sesaat sebelum kami pulang. Sampai jumpa lagi, teman-teman Bhakti Luhur, terimakasih untuk waktunya!