Juara 1 Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Propinsi Banten Diraih oleh SMAK GS

SMAK PENABUR Gading Serpong kembali meraih prestasi di cabang lomba debat., SMAK PENABUR Gading Serpong meraih Juara 1 Lomba Debat tingkat Provinsi Banten. Perjuangan tim debat bahasa Indonesia SMAK PENABUR Gading Serpong dimulai dengan meraih Juara 1 Lomba Debat se- Kabupaten Tangerang. Tim yang terdiri dari Olivia Winata, Alfred Wijaya, dan Cindy Paramitha berhasil mengalahkan sekitar 30 tim lainnya dari berbagai sekolah negeri maupun swasta. Beberapa bulan kemudian, SMAK PENABUR Gading Serpong di undang untuk mengikuti Lomba Debat Bahasa Indonesia tingkat Provinsi Banten yang dilaksanakan di Hotel Marbella Anyer. Namun, sesuai regulasi tim yang mengikuti harus berasal dari siswa siswi kelas 10 atau 11 oleh karena itu Olivia Winata digantikan oleh Kevin Tjoa. Dengan tim yang kini terdiri dari Cindy Paramitha, Alfred Wijaya, Kevin Tjoa, SMAK PENABUR Gading Serpong mewakili Kabupaten Tangerang untuk berlaga di tingkat Provinsi.

Pada hari Rabu, 7 Oktober 2015 malam, peserta Lomba Debat mendapatkan 12 mosi Debat dan juga dijelaskan beberapa regulasi dalam lomba debat Bahasa Indonesia. Berlaga di tingkat Provinsi, tim debat SMAK GS harus berjuang melawan 4 kota dan 4 kabupaten yang setiap kabupaten/kota diwakili oleh 3 tim dari SMA negri maupun swasta. Pada babak penyisihan hingga semi final, dewan juri akan menggunakan sistem poin dengan poin maksimal yatu 900 poin untuk menentukan tim yang masuk ke babak selanjutnya. Regulasi yang cukup menjadi tantangan ialah peserta lomba debat tidak diperkenankan untuk membawa catatan dalam bentuk apapun. Pada babak penyisihan, setiap pembicara harus berbicara maksimal 5 menit dengan interupsi sebanyak 1 kali setiap orangnya yang berdurasi maksimal 30 detik serta kesimpulan yang berdurasi selama 2 menit. Pada babak perempat final, semifinal, dan final, peserta lomba debat diharuskan untuk menyampaikan argumentasi selama 7 menit dan kesimpulan oleh pembicara pertama atau kedua selama 3 menit. Pada babak penyisihan, waktu untuk mempersiapkan materi hanya 1 malam tanpa mengetahui mosi.

Pada babak penyisihan ke 24 tim dibagi menjadi 2 Grup yaitu Grup A dan Grup B, masing – masing Grup terdiri dari 12 tim. Ketika penyisihan, tim debat SMAK GS melawan SMAN 3 Rangkasbitung dengan mosi “Di Wajibkannya Ekstrakulikuler Pramuka untuk seluruh siswa SMA”. Sebanyak 8 tim dari Grup A yang mendapatkan poin tertinggi akan melanjutkan ke babak  perempat-final. Tim dari SMAK PENABUR Gading Serpong menempati posisi ke 2 dengan poin 768, setelah tim dari SMAN 6 Tangerang Selatan yang memimpin dengan perolehan poin 809. Di siang harinya, tim debat SMAK GS mengambil undian. Pada pertandingan  perempat-final grup A, SMAK Penabur Gading Serpong melawan SMAN 6 Tangerang Selatan. Dengan waktu persiapan yang hanya 30 menit, pertandingan ini pun menjadi pertandingan sengit karena tim debat SMAK GS merupakan tim posisi pertama dan kedua pada babak penyisihan. Pada babak perempat-final, SMAK PENABUR Gading Serpong masih masuk dengan urutan ke 3 dimana urutan teratas masih di pegang oleh SMAN 6 Tangsel dan diikuti oleh SMAN 23 Kabupaten Tangerang.

Pada babak semifinal, 4 tim teratas dari Grup A dan Grup B pun di pertemukan. Ke- 8 tim tersebut adalah SMAN 3 Serang, SMAN 6 Tangsel, SMAN 1 Ciruas, SMAN 23 Kabupaten Tangerang dan SMAK PENABUR Gading Serpong, SMA Santa Ursula BSD, SMAK PENABUR Bintaro Jaya, dan SMAN 1 Serang   Di babak ini, tim debat SMAK GS melawan SMAN 1 Ciruas dengan mosi “Pembakaran hutan untuk perluasan lahan perkebunan”. Pada pertandingan tersebut, meski mendapatkan posisi pro pemerintah, tim debat SMAK GS dapat menguasai pertandingan. Pada saat di umumkan, 4 tim teratas yang berhasil masuk ke 4 besar adalah SMAN 6 Tangsel, SMAN 1 Ciruas, SMAN 23 Kabupaten Tangerang dan SMAK PENABUR Gading Serpong.  Pada babak terakhir ini, 2 tim teratas akan bersaing di final dan di posisi ke 3 akan ditentukan oleh perolehan poin.

Tanpa diduga, SMAK PENABUR Gading Serpong berhasil masuk ke pertandingan Final. Tim debat SMAK GS kembali melawan SMAN 6 Tangsel. Pada pertandingan terakhir ini, tim debat SMAK GS mendapatkan 3 mosi yaitu “Generasi Emas 2045”, “Pengadopsian anak dari keluarga tidak mampu”, dan “Go-Jek VS Ojek Konvensional”. Saat di undi, tim debat SMAK GS mendapatkan mosi ke 2 yaitu pengadopsian anak dari keluarga tidak mampu. Karena pertandingan Final diadakan pada malam harinya, kedua tim yang secara fisik telah lelah pun menjadikan performa kedua tim menurun.  Akan tetapi,hasil akhir menyatakan bahwa tim debat SMAK GS mendapatkan Juara 1 Lomba Debat Bahasa Indonesia tingkat Provinsi BANTEN.

Selain mendapatkan Juara 1, SMAK PENABUR Gading Serpong juga mengirimkan wakilnya yang termasuk pembicara terbaik untuk mewakili Provinsi BANTEN di tingkat Nasional yaitu Cindy Paramitha yang saat ini duduk dikelas XI. Selamat dan sukses untuk Kevin, Alfred, dan juga Cindy.

CYMERA_20151018_151321

CYMERA_20151018_151209

Tim Debat SMAK GS ( Kevin, Alfred, dan Cindy) saat menerima Tropi Juara I

CYMERA_20151018_151404

Cindy menjadi perwakilan Banten menuju Lomba Debat tingkat Nasional