Apa arti warna merah dan hijau dalam dekorasi natal?

Desember telah datang, pusat-pusat pembelanjaan, gereja-gereja, serta sekolah-sekolah Kristen sudah mulai memasang dekorasi natal yang sangat  indah. Dekorasi natal yang terpasang itu terlihat menonjolkan warna-warna tertentu yaitu merah dan hijau. Warna merah dan hijau merupakan warna-warna yang mendominasi pada bulan Desember khususnya pada perayaan natal. Sebenarnya apakah warna merah dan hijau tersebut memiliki arti tertentu atau hanya menjadi sebuah tradisi setiap tahunnya.

Warna merah dan hijau menjadi tradisi yang mendominasi warna pada setiap dekorasi natal yang mengandung arti dimana warna merah dalam dekorasi natal tersebut melambangkan darah Yesus ketika ia disalibkan. Yesus datang kedunia untuk mengorbankan diriNya bagi manusia. Merah juga melambangkan ajaran tentang kasih. Kasih yang tanpa syarat. Menurut ajaran Kristiani, kasih yang tanpa syarat adalah kasih  dari Tuhan yang rela mengirimkan putra-Nya yang tunggal yaitu Yesus untuk menebus dosa manusia. Warna merah juga bisa memiliki arti yang luas. Contohnya saja dalam sebuah hubungan, warna merah berarti integritas dan kepercayaan. Warna merah juga merupakan salah satu warna yang cerah. Di mana setiap manusia yang merasakan kasih kebaikan tanpa syarat  itu akan  merasakan sukacita.

Sedangkan Warna hijau adalah representasi alami dari kehidupan kekal, khususnya tentang pohon cemara yang dapat bertahan hidup selama musim dingin. Itu sebabnya, dalam keyakinan Kristen, hijau mewakili kehidupan kekal Yesus Kristus. Warna ini adalah simbol kehidupan abadi Yesus dan harapan atas sesuatu yang baru. Warna ini juga seringkali diwakili oleh pohon Natal yang melambangkan kehidupan dan kelahiran kembali (kebangkitan Yesus). Hijau juga merupakan simbol pengharapan, penyembuhan dan pertumbuhan iman. Sebagai tata warna liturgi, hijau merupakan warna hidup baru, harapan, masa depan dan keremajaan. Saat Natal, warna hijau dirangkai dengan warna merah seperti yang biasa Anda temukan pada pohon Natal dan berbagai hiasannya. So, itulah arti arti warna merah dan hijau dalam dekorasi Natal. Selamat menyambut Natal.

Sumber :

http://boombastis.com
http://www.vemale.com
http://sci-pusat.blogspot.co.id

Kue Natal                                             red-and-green-christmas