Pelaksanaan Ujian Nasional di SMAK GS

Pada hari Senin-Rabu, 4 s.d 6 April 2016 SMAK PENABUR Gading Serpong melaksanakan Ujian Nasional bagi siswa/i kelas XII.  Sebanyak 315 siswa menjadi peserta Ujian Nasional tahun ini yang tergabung dari program IPA dan IPS.  Pada pelaksanaan Ujian  Nasional tahun ini membutuhkan 16 ruang ujian yang berada di lantai 3 dan 4 Gedung SMAK PENABUR Gading Serpong. Demi kelancaran pelaksanaan Ujian Nasional, maka siswa/I kelas X dan XI belajar di rumah.

Setiap harinya, ada dua mata pelajaran yang diujikan baik Program IPA maupun Program IPS, dengan jadwal sebagai berikut :

NO.

HARI

Mata Pelajaran

Program IPA

Program IPS

1 Senin, 4 April 2016

Bahasa Indonesia

Kimia

Bahasa Indonesia

Geografi

2 Selasa, 5 April 2016

Matematika

Biologi

Matematika

Sosiologi

3 Rabu, 6 April 2016 Bahasa Inggris

Fisika

Bahasa Inggris

Ekonomi

Aktivitas dipagi hari yang dilakukan sebelum siswa/i  mengerjakan Ujian yaitu mereka berkumpul di aula lantai 6 SMAK PENABUR Gading Serpong untuk renungan pagi bersama dan pemberian informasi berkaitan pelaksanaan Ujian Nasional, setelah kegiatan di aula selesai, siswa/i menuju ke ruang ujian masing masing dan  mereka berbaris terlebih dahulu saat ingin memasuki ruang ujian.

Setelah semua peserta ujian sudah memasuki ruang ujian, secara bersama-sama  peserta ujian  beserta bapak/ibu guru pengawas dan panitia melakukan penghormatan bendera merah putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya diruang ujian masing-masing  di pimpin melalui radio sekolah. Setelah serangkaian kegiatan itu dilakukan, tepat pukul 07.30 WIB peserta ujian ( siswa/i kelas XII) mulai mengerjakan ujian pada jam pertama. Ujian jam kedua dilaksanakan pada pukul 10.30 WIB.  Waktu pengerjaan tiap mata pelajaran yang di ujikan adalah 120 menit, siswa/i tidak diperkenankan keluar sebelum waktu pengerjaan selesai.

Yang menjadi pengawas Ujian Nasional tahun ini yaitu Bapak/Ibu guru dari sekolah sekitar yaitu SMA Tarakanita Gading Serpong, UPH College dan SMAN 17  yang totalnya berjumlah 32 guru, dimana masing masing ruang ujian diawasi oleh 2 guru.

Terlihat siswa/i berusaha mempersiapkan diri semaksimal mungkin, terlihat banyak siswa/i belajar sebelum ujian dimulai, mereka membaca kembali catatan dan buku-buku mereka, serta latihan soal yang sudah dipelajari, tentunya agar mereka dapat mengerjakan soal yang akan mereka hadapi dengan lancar dan memperoleh hasil yang baik.

Pesan dari Bapak Presiden Jokowi “ Kejujuran adalah nilai fundamental dalam membangun karakter bangsa” dan Mendikbud  ‘”Prestasi Penting, Jujur yang utama”  menjadi hal yang ditekankan dalam pelaksanaan Ujian Nasional di SMAK PENABUR Gading Serpong.

Semoga dengan proses yang baik,  juga dapat menghasilkan hasil baik. Tuhan memberkati.

20160405_095919

20160405_100142

Siswa/i mempersiapkan diri sebelum memasuki ruang ujian

IMG_9248

IMG_9254

Siswa/i berbaris sebelum memasuki ruang Ujian

IMG_9245

Ekspresi siswa/i kelas XII setelah mengerjakan Ujian Nasional

IMG_9275 IMG_9276

IMG_9278

Suasana saat Ujian Nasional berlangsung

IMG_9280

Pengawas dari sekolah lain yang bertugas  di SMAK GS

IMG_9291

Bapak/ibu panitia yang bersiap menerima berkas UN dari para pengawas UN

IMG_9294

Pengawas UN sedang menandatangi dokumen kehadiran pengawas dan serah terima Lembar Jawab

IMG_9298

Lembar Jawab UN yang siap di bawa ke dinas