PENERAPAN KAIZEN DI SMAK GS

Pada  hari Sabtu, 9 April 2016, guru dan karyawan SMAK PENABUR Gading Serpong terlihat berada di sekolah menggunakan pakaian bebas kaos dan celana panjang padahal pada hari itu siswa/i libur. Pada hari tersebut, guru dan karyawan SMAK PENABUR Gading Serpong datang untuk melakukan pembersihan secara bersama-sama ruang kantor tempat bapak/ibu guru dan karyawan SMAK GS bekerja. Kegiatan itu merupakan salah penerapan dari kaizen.

Kaizen merupakan istilah dalam bahasa Jepang yang bermakna “perbaikan berkesinambungan”. Filsafat kaizen berpandangan bahwa hidup kita hendaknya fokus pada upaya perbaikan terus-menerus. Pada penerapannya dalam perusahaan, kaizen mencakup pengertian perbaikan berkesinambungan yang melibatkan seluruh pekerjanya, dari manajemen tingkat atas sampai manajemen tingkat bawah. Oleh karena itu penerapan kaizen di SMAK GS dilakukan mulai dari kepala sekolah sampai dengan pesuruh yang di awali dengan bersama-sama melakukan perbaikan kondisi meja atau ruang kerja guru dan karyawan di SMAK PENABUR GS untuk menjadi lebih baik, bersih dan nyaman dengan menerapkan kaizen yaitu 5 P (Pemilahan, Penataan, Pembersihan, Pemantapan, dan Pembiasaan )

Sebelum guru dan karyawan SMAK GS melakukan kaizen pada meja kerja masing-masing, mereka diberikan pengarahan terlebih dahulu oleh ibu Tri Warsi  selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana yang sebelumnya telah diberikan pelatihan kaizen oleh PENABUR Pusat selama 3 hari. Oleh karena itu, beliau mensosialisasikan pelatihan yang sudah di dapat kepada guru dan karyawan SMAK GS, sehingga tidak hanya bersih bersih saja, namun ada beberapa hal yang harus tetap ada di meja kerja.

Secara kompak dan kerjasama yang luar biasa, guru-karyawan SMAK GS melakukan kaizen ini.  “Capek tapi menyenangkan dan setelah meja bersih rasanya sangat nyaman” ungkap salah satu guru yang pada saat itu berada di ruang guru setelah melakukan kaizen pada meja kerjanya. Lokasi yang menjadi target kaizen pada hari itu yaitu ruang guru, perpustakaan, ruang kepala sekolah, tata usaha, dapur dan juga ruang-ruang wakil kepala sekolah.

Sekitar pukul 11.00 WIB  meja-meja kerja di ruang guru mulai terlihat rapih dan bersih, tidak hanya di ruang guru, lokasi-lokasi lain yang menjadi target Kaizen pun sudah terlihat rapih dan bersih.  Dengan kondisi ruang kerja yang bersih dan rapih, tentunya akan mewujudkan tempat kerja yang nyaman sehingga guru dan karyawan SMAK GS akan dapat bekerja dengan baik.

20160409_071555

Pengarahan kaizen oleh Ibu Tri Warsi

20160409_074757          IMG_9416

kondisi meja sebelum di kaizen

           20160409_074822            IMG_9411 IMG_9406 20160409_074852 IMG_9427

guru dan karyawan SMAK GS dalam proses melakukan kaizen

IMG_9426 IMG_9421 20160409_102241

Kondisi meja guru setelah kaizen dilakukan