TIM SMAK GS SUKSES DALAM LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA TINGKAT PROPINSI

Pada bulan November, tepatnya tanggal 16 sampai dengan 18 November 2016, Tim SMAK GS terpilih menjadi salah satu perwakilan Kabupaten Tangerang untuk mengikuti lomba debat Bahasa Indonesia tingkat propinsi yang dilaksanakan di Hotel Marbella, Anyer. Tim SMAK PENABUR Gading Serpong  yang mengikuti lomba tersebut  terdiri dari Eistein Benedito, Ivan, dan Mathew dibawah pendampingan bapak Nopembrian selaku wakil kepala sekolah bagian Kesiswaan dan juga guru bahasa Indonesia SMAK PENABUR Gading Serpong. Ketiga siswa yang berangkat mengikuti lomba debat bahasa Indonesia ini semuanya masih duduk di bangku kelas XI.

Tim SMAK GS berangkat dari sekolah pada tanggal 16 November 2016 pada pukul 09.00 WIB  dan sampai di lokasi lomba yaitu di hotel Marbella, Anyer, sekitar pukul 12.00 WIB. Sesampainya di lokasi, Tim SMAK GS melakukan registrasi ulang, namun setelah registrasi ulang, tim SMAK GS harus menunggu terlebih dahulu karena cek in hotel baru dapat dilakukan pada pukul 14.00 WIB.

Acara pembukaan lomba dilaksanakan pada pukul 20.00 WIB, dilanjutkan dengan technical meeting hingga berakhir sekitar pukul 23.00 WIB. Setelah technical meeting, peserta lomba diberikan 6 topik yang harus dipersiapkan untuk masuk dalam penyisihan pada hari yang kedua yaitu pada tanggal 17 November 2016. Tentunya peserta yang mengikuti lomba termasuk tim SMAK PENABUR Gading Serpong mempersiapkan diri hingga akhirnya  banyak peserta yang tidur larut malam.

Penyisihan dilakukan dalam beberapa tahapan, tahapan pertama dari 24 tim yang mengikuti disaring menjadi 12 tim, setelah itu di saring kembali menjadi 8 tim. Setelah diperoleh 8 tim, penyeleksian kembali dilakukan untuk masuk dalam babak grand final. Puji Tuhan, dengan persaingan yang ketat, Tim SMAK GS selalu berhasil masuk dalam 3 besar dalam tiap tahap babak penyisihan tersebut. Sistem penilaian yang digunakan yaitu sistem point ( Victory Point). Babak penyisihan dilakukan pada tanggal 17 sampai dengan 18 November 2016 siang hari, sedangkan tahapan grand final dilaksanakan pada tanggal 18 November 2016 pada malam hari.

Peserta yang masuk dalam grand final , diberi kesempatan mencari bahan untuk di lombakan sekitar 15 menit saja, tentunya waktu yang tidak lama, sehingga tim SMAK GS pun sempat mengalami kekuatiran dan kepanikan dalam mempersiapkannya. Namun siswa/i yang menjadi Tim Debat Bahasa Indonesia SMAK GS berusaha memberikan yang terbaik.  Topik yang ditentukanoleh panitia pada grand final adalah “Penggunaan Bahasa asing Menunjukkan Kurangnya Rasa Nasionalisme”.

Usaha keras yang diiringi doa, membawa Tim SMAK PENABUR Gading Serpong berhasil menjadi juara pertama Lomba Debat tingkat Propinsi Banten 2016, dan 2 siswa dari Tim SMAK GS berhasil mendapatkan predikat The Best Speaker atas nama Eistein Benedito dan Ivan. Selamat dan sukses selalu Tim Debat Bahasa Indonesia SMAK PENABUR Gading Serpong.

webDari kiri- Ivan, Eistein, Mathew, dan Pak Nopembrian telah berhasil dalam lomba debat bahasa Indonesia tingkat propinsi