RENUNGAN : APA TALENTAKU ?

Ayat Emas

Yang seorang diberikannya lima talenta,yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya,…

(Mat. 25:15)

 

Apa talentamu? Ada yang menjawab bernyanyi, bermain musik, mengajar, olah raga, mendengarkan dan sebagainya.

Suatu kali seorang teman mengungkapkan kebingungannya, “Apa ya talentaku? Aku gak bisa memasak. Nyanyi juga gak bisa. Main musik apa lagi,…” Sontak beberapa teman yang mendengarkannya pun tertawa, karena sesungguhnya ia memiliki keistimewaan, yang tidak dimiliki orang lain, yakni hati yang memberi.

Mungkin selama ini kamu menganggap bahwa sebuah talenta itu harus sesuatu yang wah, yang dapat dilihat secara kasatmata, seperti kemampuan beryanyi, bermain musik, menari, berkhotbah, berolah raga. Padahal, talenta bisa juga dari hal-hal yang tak terlihat, yang kamu miliki, yang bisa memberkati orang lain, seperti karunia mendengarkan orang lain, kesetiaan, kesabaran, mengajar, dan sebagainya.

Kamu bisa berdoa. Kamu bisa mendengarkan curahan hati sahabat kamu, lalu memberikan solusi yang menjadi berkat. Kamu bisa melayani, peka terhadap kebutuhan sesama, atau kebutuhan dalam pelayanan, dan memberikan bantuan semampumu.

Lakukanlah apa yang kamu sukai, hal yang sepertinya Tuhan taruh dalam hidupmu sejak kamu dilahirkan, dan kembangkanlah! Jangan pernah memendamnya ataupun tidak mengusahakannya seperti yang dilakukan oleh hamba yang jahat.

Apakah sekarang kamu masih bingung dengan talenta apa yang ada dalam dirimu? Berdoalah, mintalah pada Tuhan memampukan kamu untuk mengasah semua talenta yang ada dalam hidupmu.

Apa yang kamu sukai, kembangkan itu dengan sungguh-sungguh agar berguna bagi sekitarmu.

 

Doaku:

“Tuhan Yesus, terima kasih, untuk talenta yang Engkau berikan kepadaku. Mungkin terkadang aku masih bingung untuk menemukan sesuatu yang istimewa dalam diriku. Tapi dalam Nama Tuhan Yesus, aku pasti bisa! Amin.”

 

 

 

 

Sumber :

http://www.kerygmateenz.com/renungan/2016/10/01