RENUNGAN : HIKMAT DI DALAM HATI

Pembacaan terambil dari :

Amsal 2:10-22

ayat emas :

Karena hikmat akan masuk ke dalam hatimu dan pengetahuan akan menyenangkan jiwamu ….

(Amsal 2:10)

 

Waktu kecil, Rudi pernah mendengar nasihat omanya. “Rudi, kalau mau sukses, jadilah orang yang rajin, rendah hati, dan jujur,” kata omanya. “Orang pintar di dunia ini banyak, tapi kalau tidak rajin tentu percuma,” tutur omanya melanjutkan. Saat itu Rudi tengah menghadapi persiapan Ujian Nasional. Ada satu mata pelajaran, yakni matematika yang tidak dikuasai oleh Rudi. Nasihat omanya tentang rajin menyemangati Rudi untuk tekun mempelajari rumus-rumus matematika. Saat ada soal yang sulit, ia tidak segan untuk bertanya kepada guru atau temannya yang pandai. Upayanya tidak sia-sia. Ia mendapatkan nilai 89 untuk matematika di Ujian Nasional yang ia hadapi.

Firman Tuhan pada hari ini juga bicara tentang manfaat dari hikmat. Hikmat disebut juga sebagai pengetahuan atau kebijaksanaan atau kepandaian. Saat hikmat disimpan di dalam hati, artinya dihayati (diingat dan diterapkan), maka hikmat akan menolong kita untuk mengalami hal yang baik. Pada saat yang sama, hikmat akan menghindarkan kita dari jalan yang sesat. Dengan hikmat yang ada di dalam hati, kita dimampukan untuk mengenali mana jalan yang baik dan mana yang jahat. Dengan begitu, kita dipermudah untuk mengikuti apa yang benar.

Dalam hidup kita, tentu ada berbagai nasihat yang kita terima. Entah dari orangtua, guru, atau mungkin teman. Nasihat itu seperti hikmat. Diberikan kepada kita untuk memandu dan menopang kita. Rudi dalam tokoh di awal renungan ini punya pilihan: mengingat dan melakukan nasihat omanya untuk menjadi rajin, atau melakukan apa yang disenanginya saat Ujian Nasional akan dihadapi. Ternyata, Rudi menyimpan nasihat sang oma (baca: hikmat) di dalam hatinya. Ia berusaha untuk menjadi rajin, dan segala jerih lelahnya ternyata tidak sia-sia. Ia mendapat hasil yang baik. Itu adalah modal awal baginya untuk mengarungi kehidupan yang sesungguhnya.

 

Salah satu tokoh alkitab yang diberikan hikmat yaitu raja Salomo

 

 

sumber :

http://www.ykb-wasiat.org/2018