Semua Bisa Berprestasi

Sebagian dari siswa-siswi ketika akan masuk ke sekolah menengah atas umumnya mereka cenderung memilih jurusan IPA dibandingkan jurusan IPS. Kemungkinan hal ini dikarenakan IPA adalah jurusan yang dianggap sebagai jurusan bagi orang-orang yang pintar di bidang akademis dan cenderung lebih dipandang. Sementara jurusan IPS dianggap sebagai kelas bagi orang-orang yang memiliki kemampuan kurang sehingga tidak bisa masuk di kelas IPA. Apakah pernyataan itu benar, Apakah hanya siswa –siswi IPA saja yang bisa berprestasi?.

Hal ini dipatahkan oleh sorang siswa yang bernama Owen Lim, seorang siswa yang dilahirkan di Jakarta, 8 Desember tahun 2000 ini mendapatkan medali perunggu pada kejuaraan OSN tahun 2018 di Padang dalam bidang ekonomi. Owen Lim merupakan anak kedua dari dua bersaudara.

Ketika Owen Lim lulus dari SMP, ia memilih untuk melanjutkan pendidikan sekolah menengah atas di SMAK PENABUR Gading Serpong. Menurutnya SMAK PENABUR Gading Serpong  merupakan sekolah yang unggul dalam prestasi, kreativitas serta dalam pembentukkan karakter. Saat ia harus memilih jurusan, Owen memutuskan untuk memilih jurusan IPS, walaupan pada saat itu Owen bisa masuk jurusan IPA. Alasan yang mendasari Owen untuk memilih jurusan tersebut adalah cerita pengalaman kakak perempuannya ketika dibangku SMA khususnya program IPS. Menyenangkan, seru, dan menambah wawasan adalah sepenggal cerita yang disampaikan kepada Owen. Di kelas ilmu sosial ini, Owen sangat menyukai pelajaran ekonomi akuntansi dikarenakan pelajaran tersebut mempunyai jangkauan yang cukup luas dan menarik, sehingga dia selalu ingin belajar lebih dan lebih lagi.

Anak yang sangat tekun dalam belajar ini, menorehkan beberapa prestasi, antara lain :

  • Juara 3 Lomba Debat Konstitusi di SMAN 2 Tangsel tahun 2017
  • Juara 1 Lomba Finance & Investing Prasetya Mulya tahun 2018
  • Best Speaker di Lomba Finance & Investing Prasetya Mulya tahun 2018
  • Medali Perunggu OSN bidang ekonomi tahun 2018

Dari prestasi yang telah dicapainya, ternyata Owen Lim membuktikan bahwa jurusan tidak menjadi batasan untuk berprestasi. Dengan kegigihan, semangat , ketekunan serta sikap pantang menyerah membuat Owen Lim meraih prestasi-prestasinya.

Pesan Owen Lim yang diberikan kepada kita semua di sini adalah “Jangan mudah menyerah, karena prestasi kita yang menentukan adalah kita sendiri.“