RENUNGAN : MENJAGA HORMAT KEPADA ORANG TUA

“Karena Musa telah berkata: Hormatilah ayahmu dan ibumu! dan: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya harus mati”

( Markus 7:10 )

Kita tentu mengenal peribahasa surga di telapak kaki ibu, yang mempunyai arti kita harus menghargai dan menghormati ibu kita supaya hidup kita kedepan semakin baik. Di dalam Alkitab juga ada perintah tertulis agar kita menghormati orang tua kita, supaya panjang umur kita di dunia.

Mengapa kita perlu menhormati orang tua kita? Sebab orang tua kita adalah perpanjangan kasih dari Allah yang nyata kepada kita di dunia. Tanpa orang tua kita, tidak mungkin kita berada di dunia ini. Tanpa kasih orang tua dalam membesarkan kita, tidak mungkin kita bisa berada dalam posisi seperti saat ini.

Firman Tuhan hari ini berkata lebih jelas dan keras lagi tentang menghormati dan menghargai orang tua kita. Jika sebelumnya hanya kasih yang dituliskan, kali ini Alkitab menulis sebuah hukuman kepada mereka yang tidak menghormati atau tidak menghargai orang tuanya. Hukuman mati diberikan kepada mereka yang tak hormat kepada orang tua mereka.

Mati yang dimaksudkan tentulah bukan mati secara jasmani, namun mati secara rohani dan secara naluri. Sebab ketika rasa hormat kepada orang tua itu hilang, maka kita juga kehilangan kasih mula-mula yang berasal dari Allah. Ketika kasih mula-mula sudah tidak ada dalam diri kita, maka kita juga kehilangan Roh Kudus yang telah menuntun kita dalam jalan yang benar.

Ketika rasa hormat kepada orang tua itu hilang, maka kita juga kehilangan kasih mula-mula yang berasal dari Allah. Ketika kasih mula-mula sudah tidak ada dalam diri kita, maka kita juga kehilangan Roh Kudus.

SUMBER : www.lenterahidup.com