RENUNGAN : ”YA, AKU BISA”

“Janganlah takut kepada mereka, sebab Aku menyertai engkau untuk melepaskan engkau, demikianlah firman Tuhan.”  (Yeremia 1 : 8)

“Aku tidak bisa, aku takut” adalah sebuah kalimat yang terkadang sering kita ucapkan ketika kita merasa tidak mampu melakukan sesuatu. Tetapi apakah hal itu baik? , tentu tidak. Seperti kisah Nabi Yeremia, di alkitab diceritakan tentang seorang nabi yang menolak panggilan Tuhan. Namanya Nabi Yeremia. Allah memanggil Yeremia menjadi nabi bagi bangsa pilihanNya yaitu bangsa Israel. Allah menyuruh dia untuk menyampaikan firmanNya kepada mereka, karena mereka sudah banyak melakukan kesalahan terhadap Tuhan.

Tuhan berkata kepada Yeremia, “Yeremia, sejak dalam kandungan ibumu, Aku telah mengenal engkau dan memilih engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa. “Yeremia menjawab, “Ah Tuhan,  Aku tidak bisa. Aku tidak pandai berbicara, karena aku masih muda” . Yeremia mencari-cari alasan untuk menolak panggilan Tuhan. Lalu Tuhan berkata, “Janganlah takut, Aku akan menyertai engkau dan Aku akan menolong kamu untuk berbicara dengan baik” . Akhirnya Yeremia menerima panggilan Tuhan.

Seperti Tuhan menyertai dan menolong nabi Yeremia, Tuhan Yesus juga akan menyertai dan menolong kita semua. Karena itu kalau orangtua, guru ataupun oranglain menyuruh kita melakukan tugas atau tanggungjawab tertentu, katakanlah “Ya, aku bisa. Ya, aku akan melakukannya” . Dan jangan pernah menjadikan kemalasan sebagai alasan kita untuk tidak melakukan sesuatu. Bagaimanapun Tuhan Yesus sudah memberi kita kepandaian dan talenta yang harus digunakan dan dikembangkan.

Marilah kita belajar untuk melakukan apa yang seharusnya kita lakukan. Pecayalah bahwa Tuhan Yesus selalu beserta dan menolong disetiap apa yang kita lakukan.

Tuhan Yesus memberkati.

AK/SMAK GS