Pentingnya Pola Hidup Sehat Bagi Remaja

Dewasa ini masih banyak remaja yang kurang peduli mengenai pentingnya menjaga pola hidup sehat bagi dirinya. Di tengah gempuran tugas dan kegiatan yang ada, banyak para remaja seringkali lupa akan menjaga kesehatan fisiknya. Contohnya, sering tidur larut malam, makan-makanan instan atau cepat saji, melewatkan sarapan pagi, olahraga tidak teratur, dan juga kurang mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Hal ini membuat remaja sekarang menjadi kurang berenergi, wajah tidak segar, berat badan yang menurun, mudah terkena flu, kurang fokus dalam belajar, dan juga dapat mengakibatkan kemampuan otak menurun. Para remaja khususnya harus memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan.

Sebagian besar para remaja menyepelekan arti pentingnya kesehatan bagi diri sendiri. Masih banyak diantara mereka yang beranggapan bahwa penyakit akan datang menyerang saat usia mereka sudah menjelang tua. Pemikiran yang semacam itu yang merupakan kesalahan besar karena penyakit tidak akan memandang siapa orang itu dan berapa pun usia nya. Untuk itu para remaja masih perlu banyak belajar akan arti pentingnya kesehatan bagi kehidupan mendatang yang lebih baik. Berbagai kebiasaan buruk remaja yang masih sering dilakukan beberapa diantara mereka yaitu merokok dan minum-minuman keras. Hal semacam itu sepertinya sudah dianggap menjadi hal yang sudah biasa bagi mereka.

Kita harus beranggapan bahwa sehat itu mahal. Berapa banyak biaya yang harus di keluarkan ketika kita jatuh sakit. Maka ada pepatah yang mengatakan, Lebih baik mencegah daripada mengobati. Tidak hanya mengenai soal biaya, tetapi berapa banyak hal positif yang bisa kita lewatkan kalau kita sampai jatuh sakit. Khususnya bagi para mahasiswa yang selalu aktif dan produktif dalam kegiatan dan perkuliahannya. Sesibuk apapun kegiatan kita di dalam kampus, kita tetap harus dapat menyeimbangkan pola hidup kita. Jangan sampai penyakit menyerang masa depan kita di kemudian hari.

Ada banyak Hal mudah yang bisa kita lakukan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh kita agar tetap fit. Tidak membutuhkan banyak biaya, namun cukup membutuhkan ketekunan dan rutinitas. Karena kesehatan adalah asset termahal dalam hidup. Berikut beberapa Gaya Hidup Sehat Bagi Remaja :

  1. Makanan

Perbanyak makan-makanan sehat seperti sayur, buah, daging ikan segar, kacang-kacangan. Hindari makanan yang cepat saji karena tidak baik bagi kesehatan tubuh. Kurangi mengonsumsi snack. Utamakan makanan 4 sehat dan 5 sempurna. Jangan melewatkan sarapan pagi. Makan yang teratur (pagi, siang, dan malam). Kurangi makanan yang berlemak seperti gorengan karena dapat menyebabkan kolestrol tinggi. Berhenti makan ketika sudah terasa kenyang: Jangan makan berlebihan hanya karena masih ada sisa makanan di piring Anda. Jika sudah terasa kenyang lebih baik stop makan karena makan berlebihan juga tidak baik. Selain itu bisa membuat berat badan berlebih.

  1. Minuman

Hindari minuman yang banyak mengandung gula, perasa buatan, dan pewarna buatan. Zat-zat tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan bisa tertimbun dalam ginjal. Hindari minuman yang mengandung alkohol karena dapat merusak fungsi hati dan otak. Perbanyak Minum Air Putih, Jauhkan tubuh kita dari dehidrasi dengan banyak meminum air putih minimal 8 gelas per hari. Air putih ini berguna untuk membuang zat-zat beracun di dalam tubuh serta membantu melancarkan metabolisme tubuh. Jangan biarkan tubuh Anda kekurangan cairan yang menyehatkan ini.

  1. Olahraga

Mahasiswa boleh aktif beraktivitas di kampus tapi jangan lupa dengan rajin berolahraga secara teratur. Supaya badan tetap kece dan stabil. Otak dan wajah juga menjadi segar. Tidak ada salahnya kita menyempatkan diri untuk berolahraga. Hal ini juga untuk menghindarkan para remaja dari berbagai penyakit berbahaya yang dapat menyerang tubuhnya. Kegemukan atau obesitas dapat memicu tubuh mudah terserang berbagai penyakit. Lakukanlah olah raga paling tidak 3 kali dalam satu minggu.

  1. Istirahat Cukup

Aktivitas bole banyak, tapi jangan lupa untuk beristirahat. Istirahat yang cukup sangat penting bagi tubuh yang sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Kita bisa kembali bangun dengan tubuh yang lebih segar untuk melanjutkan kegiatan yang produktif. Tidur yang cukup juga dapat meningkatkan kemampuan otak. Tidurlah minimal 10 atau 8 jam perhari di waktu yang tepat mulai dari jam 9 malam sampai jam 6 pagi.

  1. Menciptakan Lingkungan Yang Sehat

Apabila kita ingin menikmati kesehatan yang sesungguhnya maka kita juga harus memperhatikan lingkungan kita yang harus kita jaga. Lingkungan yang perlu kita jaga adalah, air, tanah, udara, iklim, tumbuhan dan lain sebagainya. Apabila kita hidup dilingkungan yang tidak baik seperti berkumpul dengan orang yang perokok, lingkungan yang penuh dengan sampah, banyak terkena asap mobil dan lain-lain. Dengan lingkungan yang tidak baik, juga akan bisa memicu kesehatan kita.

  1. Menerapkan Pola Hidup  Bersih

Cara hidup sehat dan bersih harus dilakukan di lingkungan sekitar kita. Jangan malas untuk bersih-bersih rumah karena ruangan yang kotor dan berdebu bisa menimbulkan banyak penyakit. Oleh karena itu, rajinlah membersihkan ruangan dan jangan lupa gunakan masker saat membersihkan.

  1. Menghindari Stress Pikiran

Kebanyakan orang sangat sulit untuk menghindari hal ini. Stress pikiran memang sering kali menyerang tiap orang. Hal ini tentu bisa mempengaruhi kondisi kesehatan anda baik secara pikiran (mental) maupun secara fisik. Jika kita sedang memiliki masalah, sebaiknya jangan dipikirkan terlalu serius. Lebih baik untuk memikirkannya secara santai dan jangan jadikan itu sebagai beban dalam diri kita.

  1. Berhenti Melakukan Kebiasaan Buruk Yang Membahayakan Kesehatan

Pertimbangkan untuk berhenti merokok atau mengonsumsi minuman keras, terutama jika kita berisiko atau mengidap penyakit diabetes, depresi, artritis, atau sakit jantung.

Dari paparan atau penjelasan di atas mengenai Tips-tips Gaya Hidup Sehat Bagi Remaja semoga hal ini dapat berguna untuk menjaga kesehatan diri bagi tubuh. Tidak ada ruginya mencoba sesuatu yang bermanfaat. Hal ini bisa sangat berguna bagi kita semua di masa mendatang.

Berikut Manfaat Hidup Sehat

1. Kebugaran Tubuh yang Akan Tetap Terjaga

Hidup sehat akan berpengaruh ke dalam fungsi-fungsi tubuh kita. Dimana kebugaran tubuh kita akan tetap tejaga dengan baik. Kebugaran tubuh akan mempengaruhi kinerja kita dalam akitivitas sehari-hari

2. Tampil Lebih Menarik

Individu dengan gaya hidup sehat, akan terlihat lebih menarik, dan mengundang first impression yang baik pula. Kita akan dilihat sebagai orang yang menarik, segar, dan bersih. Berebeda apabila anda memiliki gaya hidup yang kotor dan tidak sehat. Selain itu, gaya hidup sehat juga membuat tubuh terlihat lebih bugar dan segar, yang nantinya  juga dapat mempengaruhi first impression orang lain terhadap diri kita.

3. Menghemat biaya obat-obatan

Apabila kita bisa hidup bersih dan sehat, maka secara tidak langsung tubuh kita akan segar bugar. Kebugaran tubuh yang baik ini akan membuat kita tidak perlu sering-sering mengeluarkan biaya lebih dalam membeli obat-obatan. Berebeda apabila kita hidup tidak sehat. Bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menebus obat-obatan serta vitamin dan suplemen untuk menunjang kebugaran tubuh kita. Seseorang yang menjalani hidup sehat akan sangat menghemat pengeluaran mereka dalam membeli obat-obatan dan suplemen tambahan.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Dengan tubuh yang sehat, maka membuat tubuh menjadi lebih berstamina dan bersemangat dalam menjalankan aktivitas. Tubuh yang sehat akan terpancar dari aura wajahnya, karena itu secara otomatis akan menambah rasa percaya diri baik saat harus berada ditengah-tengah keluarga ataupun ketika berhadapan dengan teman, ataupun dengan orang-orang dilingkungan sekitar.

5. Hidup Menjadi Lebih Sehat

Dengan menerapkan pola hidup sehat, maka secara otomatis akan banyak dampak positif yang akan dirasakan pada tubuh, karena makanan dan minuman yang sehat serta menghindari berbagai kebiasaan negatif, seperti merokok, begadang, dan sebagainya akan meningkatkan level kesehatan.

Sumber : http://hijausehat-gls.blogspot.com/2016/06/pentingnya-pola-hidup-sehat-bagi-para.html