MENDENGAR ADALAH AWAL KEPEDULIAN

Beberapa hari yang lalu, tepatnya Senin, 5 November 2018 siswa-siswi SMAK PENABUR Gading Serpong diberikan materi terfokus PKBN2K. Kepanjangan dari PKBN2K adalah Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kristiani. Pada kesempatan kali ini nilai kristiani yang diambil ialah  kepedulian yang mengangkat judul “Kepedulian Yang Benar Diawali Dengan Mendengar”. Tujuan dari kegiatan ini diharapkan siswa-siswi dapat :

  1. Memaknai bahwa mendengarkan dengan seksama sebagai suatu hal yang Tuhan inginkan
  2. Berlatih mendengarkan dengan fokus dan memberikan respon yang tepat
  3. Memproses informasi penting secara positif sehingga dapat menghasilkan sebuah respon yang tepat.
  4. Mengambil tindakan kepedulian yang nyata setelah memperoleh informasi penting tentang sasaran tindakan kasih.

Sebelum materi terfokus diberikan, siswa-siswi mengawalinya dengan renungan dan doa terlebih dahulu. Ayat emas renungannya diambil dari Markus 4 : 9, yang berbunyi, “Dan kataNya : “Siapa yang mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengarkan!”. Dalam renungan yang diberikan, siswa-siswi diajarkan untuk mendengar serta mengerti dan memahami sehingga membantu dirinya memproses informasi yang didengarkan dengan pertimbangan hati dan pikiran. Karena dari kebiasaan mendengarkan, siswa-siswi akan mampu mewujudkan kepedulian yang paling mendasar yaitu menghargai keberadaan orang lain.

Setelah renungan, siswa-siswi diajak untuk bermain bersama wali kelas dalam permainan perang fokus. Dengan permainan ini, siswa-siswi belajar untuk fokus dan mendengarkan instruksi dengan baik. Dan sebelum akhir kegiatan wali kelas menayangkan sebuah kisah yang mengajarkan tentang kepedulian.

Selanjutnya kegiatan ditutup denagn memberikan refleksi oleh wali kelas dari permainan serta kisah yang ditayangkan.

Mari bersama belajar untuk mendengar, karena mendengar adalah awal kepedulian.

suasana renungan pagi di kelas sebelum materi PKBN2K