PRESTASI MICHAELA SAMANTA DI LOMBA KARYA ILMIAH REMAJA (LKIR) 2018

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyelenggarakan Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) yang ke-50 dan juga National Young Inventors Award (NYIA) Ke-11 tahun 2018. Kompetisi ini diikuti oleh pelajar SD-SMP-SMA/sederajat se- Indonesia. Kompetisi ini merupakan kompetisi yang sangat bergengsi karena Pemenang LKIR 2018 akan memiliki kesempatan berlaga pada ajang Intel International Science and Engineering Fair (ISEF) 2019, sedangkan Pemenang NYIA akan memiliki kesempatan berlaga pada ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2019.

Salah satu siswa SMAK PENABUR Gading Serpong atas nama Michaela Samanta yang saat ini duduk di kelas XII Program Brillant Class mengikuti  dalam lomba ini. Untuk memutuskan mengikuti lomba karya ilmiah remaja ini tentunya bukanlah keputusan yang mudah bagi Michaela Samanta yang akrab dipanggil Michaela karena membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan karya ilmiah yang harus didukung dengan eksperimen pembuktian yang kadang kala mengalami kendala.

“Development of High Alanine  Histidine Rice by Agrobacterium Medicated Gene Tranfer Via Endosperm Spesific Promoter” yang dalam bahasa Indonesianya “Upaya Meningkatkan Ekspresi Histidin dan Alanin dengan Agrobacterium Mediated Gene Transfer pada Oryza sativa Menggunakan Endosperm Specific Promoter” adalah judul karya ilmiah yang diangkat oleh Michaela dalam lomba ini. Judul ini yang diangkat karena Michaela melihat Indonesia sebagai salah satu negara agraris yang banyak menanam padi  dan karya ilmiah yang tulis oleh Michaela ini merupakan pengembangan metode  dari karya ilmiah yang sudah ada di luar negeri namun Michaela menggunakan membuat metode baru untuk peningkatan kualitas oryza sativa yang dalam bahasa Indonesianya adalah padi.

Proses dari nol hingga pada tanggal 1 – 4 November 2018 dimana Michaela menyiapkan satu stand yang memaparkan penelitiannya itu di  ICE, BSD City, Tangerang, Banten bersama peserta lainnya dipersiapkan sebaik-baiknya. Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo menyempatkan diri mengunjungi stand karya ilmiah beberapa peserta lomba salah satunya stand karya ilmiah Michaela. Bahagia bercampur haru, ketika pada saat pengumuman hasil Lomba Karya Ilmiah dibacakan. Michaela mendapatkan 2 prestasi sekaligus dalam lomba ini. Sebagai pemenang Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-50 Tahun 2018 tingkat nasional dalam kategori Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati dan juga berhasil memperoleh Gold Medal dalam  Youth Science and Innovation Fair (YSIF) bidang Life Sciences.

Kesuksesan Michaela dalam lomba ini mengantarkannya untuk  berlaga pada ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2019.

 

Michaela Samanta