RENUNGAN : MENGENALI DAN MENGEMBANGKAN POTENSI

Bacaan : 1 Korintus 12 : 1 – 11

 “Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan

1 Korintus 12 : 4 – 5

Ada sebuah cerita  : Tono memang pandai memaikan piano, namun soal suara, Tigor yang paling merdu. Magda yang terbiasa mengajar Sekolah Minggu piawai dalam memandu acara, namun soal penataan gaya, Paman Ari jagonya. Kolaborasi yang indah terjadi di Malam Tari dan Pujian yang kosepnya disutradarai oleh Yopi. Pada malam itu, aneka bakat berpadu menyajikan performance yang memukau. Karunia setiap orang memang berbeda, tetapi kolaborasi menghasilkan keindahan.

Dalam Surat Korintus, Rasul Paulus juga berbicara tentang karunia-karunia Roh Kudus. Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh yang memberikannya. Begitu pula dengan pelayanan, ada banyak jenis dan wujudnya, tetapi hanya ada satu Tuhan. Itu berarti kepada setiap orang Allah memberikan karunia yang menjadi potensi dan talentanya. Hal itu antara lain yang membuat setiap orang menjadi pribadi yang unik. Masing-masing memiliki bakat tersendiri dan memainkan peran yang spesial. Karena itu, seseorang tidak bisa mengklaim bahwa dirinyalah yang paling hebat. Mereka pun tak perlu berkompetisi untuk saling menguasai, melainkan berkolaborasi untuk menghasilkan karya-karya yang indah supaya hidup menjadi berarti dan Tuhan Sang Sumber Karunia yang dipuji.

Mengacu kepada nasihat Rasul Paulus tadi. Kita tidak perlu minder, sombong, atau iri hati terhadap orang lain sebab setiap orang pasti mempunyai potensi dan talenta.

Ingatlah : kita hanya perlu mengenali potensi yang kita milik dan mengembangkannya. Teruslah kita belajar untuk menjadi lebih baik. Bukan menjadi lebih baik dari orang lain, tetapi menjadi lebih baik dari Kita yang kemarin. Be the best of you!. Amen.

 

 

 

 

Disadur dari :

Youth for Christ, Senin, 12 Juni 2017

Sumber : https://alkitab.sabda.org/illustration.php